Pusat Penjaminan Mutu UNM

You are here: Home Profil Selayang Pandang

Kebijakan penjaminan mutu di Universitas Negeri Makassar (UNM) dibentuk sejak tahun 2004 didasarkan SK Rektor UNM Nomor: 296/J38.H/HK/2004 tanggal 27 Januari 2004 tentang Tim MONEV-IN UNM. Hingga tahun 2007 monev terbatas pada monitoring dan evaluasi program PHK dan belum menyentuh sisi akademik sebagai layanan utama perguruan tinggi. Tahun 2009 melalui SK Rektor Nomor: 3873/H36/KL/2009 tanggal 9 Juni 2009 dibentuk Pusat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Makassar (PPM UNM)

PPM UNM dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat 21 “ Evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penaminan dan penetapan mutu pendidikan… dst sebagai bentukpertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan”, selanjutnya pasal 35 ayat 1 “ Standar Nasional Pendidikan terdiri standar isi, proses, kompetensi lulusan… dst”. Pasal 50 ayat 2 “Pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu… dst”. Pasal 51 ayat 2 “Pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksankan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu dan evaluasi yang transparan”. Pasal 57 ayat 2 “ Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan secara berkala….untuk menilai pencapaian standar nasional”.

Pembentukan PPM UNM juga didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. Pada Pasal 2 ayat 1 dinyatakan bahwa “Untuk penjaminan mutu dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan dilakukan evaluasi, akreditasi, sertifikasi”. Selanjutnya pada pasal 91 dinayatakan bahwa (1) Setiap satuan pendidikan dimaksud pada ayat 1 bertujuan untuk memenuhi atau melampaui SNP, (3) Penjaminan mutu pendidikan dilakukan secara bertahap, sistematis dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas.

Selanjutnya dalam pasal 96 Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dinyatakan bahwa BAN-PT memberikan rekomendasi penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi, dan kepada pemerintah dan pemda.

Atas dasar pembentukannya tersebut di atas, maka PPM UNM bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu akademik dan non akademik secara internal untuk mewujudkan visi dan misi Universitas Negeri Makassar, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi