Pusat Penjaminan Mutu UNM

You are here: Home Kegiatan LKD dan Evaluasi Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi

LKD dan Evaluasi Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi

E-mail Print PDF

Diwajibkan kepada seluruh Dosen ( kecuali yang tugas belajar) untuk membuat Laporan Kinerja Dosen (LKD), diselesaikan paling lambat minggu kedua Februari 2012

 Dosen adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional.

 Tugas utama dosen adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. Sedangkan profesor atau guru besar adalah dosen dengan jabatan akademik tertinggi pada satuan pendidikan tinggi dan mempunyai tugas khusus menulis buku dan karya ilmiah serta menyebarkan luaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.


Evaluasi tugas utama dosen bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas,
  2. Meningkatkan proses dan hasil pendidikan
  3. Menilai akuntabilitas kinerja dosen di perguruan tinggi
  4. Meningkatkan atmosfer akademik disemua jenjang perguruan tinggi dan
  5. Mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional

 

Tim pelaksana dalam LKD ini tersebar dalam beberapa perwakilan Fakultas di bawah koordinasi Pusat Penjaminan Mutu UNM dan Bagian Kepegawaian UNM. Dari hasil rapat pertama (05/01/2012), yang dipimpin langsung oleh Prof Dr H Fakhri Kahar, M.Si selaku ketua PPM mengatakan “LKD ini sangatlah penting karena sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan sesuai PP 37 Tahun 2009 Tentang Dosen, Harapan beliau bahwa semua dosen harus berpartisipasi dalam pembuatan LKD ini di lingkup UNM, dengan melakukan koordinasi ke masing-masing perwakilan fakultas yang telah di SK kan oleh rektor untuk menangani kegiatan ini atau langsung ke ketua tim LKD Firdaus,S.Pd.MT dan Subbag Tenaga Akademik Nurhasni,SE.
Kordinator  masing-masing fakultas:

  1. Oslan Jumadi, M.Phill.,Ph.D. (FMIPA)
  2. Muh. Kasim Aidid, S.Si.,M.Si (FMIPA)
  3. Amiruddin, ST.,MT (FT)
  4. Etno Setyagraha, S.Or.,M.Or ( FIK)
  5. Herman,S.Pd.,M.Pd. (FIP)
  6. Muh.Ilham.B,S.Pd  (FIP)
  7. Dr. Hj.Mantasiah, R.M.Hum (FBS)
  8. Sultan,S.Pd.,M.Pd ( FBS)
  9. Abdul Rahman, S.Pd.M.Si (FIS)
  10. Haerani Nur, S.Psi.M.Si (FPsi)
  11. Nur Fitriany, S.Psi. MA (FPsi)
  12. Sahade,S.Pd.M.Pd (FE)
  13. Irfan,S.Pd,.M.Ds ( FSD)
  14. Dr.Andi Agussalim AJ.S.Pd.M.Hum (FSD)

Diwajibkan kepada seluruh Dosen ( kecuali yang tugas belajar) untuk membuat Laporan Kinerja Dosen (LKD), diselesaikan paling lambat minggu kedua Februari 2012, yang terdiri dari LKD semester genap T.A 2010/2011 dan semester ganjil T.A 2011/2012.

untuk mendapatkan softwarenya silahkan Download disini :

 Kemudian Untuk Rubriknya Download disini