Pusat Penjaminan Mutu UNM

You are here: Home Kegiatan Penyusunan Borang Akreditasi Institusi Universitas Negeri Makassar Tahun 2011

Penyusunan Borang Akreditasi Institusi Universitas Negeri Makassar Tahun 2011

E-mail Print PDF

  Sambutan Ketua PPM UNM, Prof. Dr. H. Fakhri Kahar, M.Si  Pada Kegiatan Sosialisari Akreditasi Institusi UNM dan EDOM OnlineAkreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) telah dilakukan oleh pemerintah melalui BAN-PT sejak tahun 2007 yang lalu. Namun instrumen yang digunakan dalam proses akreditasi institusi tersebut dianggap sebagai langkah awal dan belum sepenuhnya valid, bahkan belum mengakomodasi standar minimal pendidikan. Pada tahun 2011 ini BAN-PT telah meluncurkan instrumen borang institusi yang baru dan sesuai dengan standar pada borang program studi dan borang fakultas. Oleh sebab itu BAN-PT kembali mengundang  setiap perguruan tinggi untuk menyusun borang tersebut dan mengirim ke BAN-PT paling lambat minggu ke 3 Oktober 2011 dalam rangka peningkatan akreditasi institusinya.

Melalui kesempatan tersebut, Universitas Negeri Makassar melalui Pusat Penjaminan Mutu akan membentuk tim penyusunan borang institusi sesuai format borang terbaru BAN-PT tahun 2011.  Tim tersebut akan menyusun borang dan mempersiapkan berbagai lampiran datanya sesuai dengan 7 standar utama yang terdapat dalam isian borang utama. Selain pengisian borang, tim ini juga akan membuat evaluasi diri institusi, menyiapkan beberapa borang prodi dan beberapa borang fakultas.

Mengingat beratnya tugas yang harus dilaksanakan oleh tim ini oleh prof Dr. H. Fakhri Kahar, M.Si selaku ketua panitia,melalui SK Rektor No 2030/UN36/KP/2011 dengan jumlah tim sebanyak 18 orang dari beberapa perwakilan fakultas, maka bantuan dari berbagai pihak khususnya pimpinan universitas, pimpinan fakultas/pasca, dan kajur/prodi mutlak diperlukan. Demikian pula arahan dari ketua tim pengembang, serta para kepala biro, ketua lembaga dan unit yang terdapat dalam lingkup UNM sangat diperlukan demi kelancaran dan kesuksesan tim ini.

Tim tersebut akan menyusun borang dan mempersiapkan berbagai lampiran datanya sesuai dengan 7 standar utama yang terdapat dalam isian borang utama. Selain pengisian borang, tim ini juga akan membuat evaluasi diri institusi, menyiapkan beberapa borang prodi dan beberapa borang fakultas. Mengawal borang serta lampirannya hingga ke BAN-PT, persiapan lampiran untuk visitasi institusi, dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan proses akreditasi institusi.

 Melalui tim penyusunan borang Institusi UNM diharapkan:  

1.    Hasil isian borang institusi terbaru (data 2011) dengan format baru dari BAN-PT 2011 dan  dilandasi data yang valid dan realistis

2.    Menyiapkan lampiran borang yang diperlukan, baik untuk keperluan lampiran pengiriman borang maupun untuk keperluan pada saat visitasi

Menyiapkan hasil evaluasi diri institusi yang berdasarkan pada hasil isian borang terbaru.