Pusat Penjaminan Mutu UNM

You are here: Home Artikel Artikel

SPM PT

SPM – PT adalah sistem yang dibentuk untuk menjamin mutu perguruan tinggi, dengan cara melaksanakan tiga macam kegiatan, yaitu: 1) Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Kegiatan pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan data serta informasi tentang perguruan tinggi oleh Pemerintah untuk mengendalikan pemenuhan SNP (dahulu disebut EPSBED); 2)penjaminan Mutu Internal (PMI). Kegiatan evaluasi diri perguruan tinggi oleh perguruan tinggi sendiri (internally driven), https://www.viagrapascherfr.com/sildenafil-generique-france-cher/ untuk memenuhi atau melampaui SNP secara berkelanjutan/continuous improvement (dahulu disebut Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi);3) Penjaminan Mutu Eksternal (PME). Kegiatan penilaian kelayakan perguruan tinggi oleh BAN-PT atau lembaga mandiri di luar perguruan tinggi yang diakui Pemerintah, berdasarkan SNP atau standar yang melampaui SNP yang ditetapkan oleh perguruan tinggi sendiri (disebut Akreditasi).
Last Updated on Friday, 23 June 2017 07:09
   

Tujuan dan Fungsi AMAI

Tujuan AMAI adalah untuk membantu seluruh anggota unit pelaksana akademik dalam melaksanakan tugas untuk mencapai sasaran akademik yang ditetapkan secara efektif dan bertanggung jawab.Karakteristik AMAI 1) Suatu metode pemeriksaan yang independen dan objektif terhadap ranah kegiatan akademik. 2)Didasarkan atas kerangka pertanyaan yang berasal dari masalah mendasar sebagai berikut: Apa yang anda kerjakan? Mengapa anda mengerjakan hal tersebut? Sudahkah yang anda kerjakan memenuhi harapan? Bagaimana anda dapat meningkatkan mutu pekerjaan yang sudah anda kerjakan? 3)Diperlukan untuk klarifikasi dan verifikasi bahwa harapan sesuai standar mutu akademik telah dipenuhi secara sistematis.4)Verifikasi dilakukan secara periodik untuk memastikan bahwa harapan sesuai standar mutu akademik selalu dipenuhi.5)Melibatkan pendapat sejawat berdasarkan hasil pembandingan dan evaluasi bukti audit, terhadap harapan dan kriteria sesuai standar mutu akademik.
Last Updated on Thursday, 11 November 2010 19:30
   

Fungsi AMAI

AMAI memiliki fungsi akuntabilitas dan fungsi peningkatan.Di dalam menjalankan fungsi akuntabilitas, AMAI melaksanakan kegiatan yang bersifat independen dan objektif untuk klarifikasi dan erifikasi apakah upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu kegiatan akademik sesuai dengan standar mutu akademik secara tepat dan efektif, serta apakah tanggungjawab dilaksanakandengan baik dan efisien. Fungsi peningkatan dilakukan untuk membantu unit kerja yang bersangkutan agar lebih memahami kondisinya, serta dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam kebijakan, praktik, dan prosedur. Semua kebijakan audit inter-nal dilakukan untuk kedua fungsi ini, dengan penekanan yang bervariasi.
Last Updated on Thursday, 11 November 2010 19:40